NewsGopego PlayGopego Magz

Interview with Lean Nasution, Pendiri Fotodroids

21 Aug 2012
Interview with Lean Nasution, Pendiri Fotodroids


Komunitas fotografer pengguna perangkat Android di Indonesia atau yang Anda kenal sebagai Fotodroids, tidak saja populer di dalam negeri tetapi hingga negeri kincir angin, Belanda. Adalah Sebian Lautenbach dari situs Wearejuxt Belanda yang mengulas kekagumannya akan komunitas Fotodroid Indonesia. Melalui Wearejuxt, Lautenbach berbagi hasil wawancaranya dengan pendiri Fotodroids, Lean Nasution.


Photo Credit to Johanes Juda


S: Sebian Lautenbach
L: Lean Nasution

S: Halo Lean dari Fotodroids Indonesia. Di luar Fotodroids dan mobile photography, apa kegiatan Anda?
L: Saya bekerja di sebuah tambang bijih besi, juga di sebuah NGO yang fokus pada penanggulangan HIV/AIDS.

S: Bagaimana awal mula berdirinya Fotodroids?
L: Pada mulanya hanya beberapa orang saja ngumpul di cafe; saya, Johanes Juda dan Yopie Suryadi dan itu terjadi begitu saja saat kami ngobrol tentang mobile photography. Pada akhir pertemuan itu kami sepakat untuk membuat sebuah komunitas bernama Fotodroids untuk mengumpulkan semua pecinta fotografi yang menggunakan perangkat Android sebagai ‘senjata pilihan’ mereka. Kami memulai komunitas Fotodroids Indonesia pada 30 Januari 2011 dengan membuat mailing list fotodroids@googlegroups.com.


Photo Credit to Wiwieth


S: Ada berapa anggota Fotodroids di Indonesia dan bagaimana cara merekrut anggota baru?
L: Hingga saat ini kami memiliki lebih dari 400 anggota di mailing list, termasuk anggota termuda, anak berusia 9 tahun yang memiliki ketertarikan sama seperti ibunya yang telah bergabung dengan Fotodroids terlebih dulu. Kami juga memiliki sekitar 10 orang di dub-mailing list, Fotodroids International, yaitu komunitas Fotodroids yang anggotanya orang-orang asing. Komunitas Fotodroids untuk English-speaking members ini ditujukan untuk pecinta fotografi Android di seluruh dunia. Tapi sejujurnya saat ini komunitas internasional tersebut tidak begitu aktif dibading komunitas lokal Fotofroids Indonesia.

S: Apakah Fotodroids merupakan lawan dari iPhonesia?
L: Tentu saja tidak. Beberapa dari kami memiliki perangkat Android dan iPhone jadi kami tidak menyebut diri kami saling berlawanan, tidak pula saling bersaing. LOL.


Photo Credit to Robert


S: iPhone memiliki kekuatan yang sangat besar di dunia mobile photography sementara Android masih tertinggal jauh. Apa yang sangat ingin Anda perbaiki di Android? Aplikasi dan native camera?

L: Hmmm, saya pikir Android tidak tertinggal jauh. Ya, kami memang tertinggal tapi tidak cukup ‘jauh,’ tidak sejauh itu. Yang ingin saya lihat perbaikannya barangkali adalah aplikasi Android. iPhone memiliki bermacam aplikasi fotografi yang bagus, sesuai dengan hardware. Tapi saya pikir Android smartphones memiliki kamera yang lebih baik dari iPhone, tetapi tentu saja semua kembali pada selera. Sejumlah orang berpendapat jika kontras bagus maka kamera juga akan bagus sementara yang lain lebih suka menggunakan natural colors yang ada di camera output ;)

Photo Credit to Mario


S: Anggota Fotodroids sering berkumpul untuk belajar bersama dan berbagi tips dan trik?
L: Biasanya seperti itu, kami berbagi trik cara edit foto melalui mailing list. Setiap anggota bisa memberikan tips dan trik mereka tentang teknik fotografi umum atau cara edit menggunakan sebuah perangkat Android. Saya bisa berbagi trik dengan Anda, kenapa tidak? Trik mana yang Anda inginkan, hahahah, saya berikan trik sesuai permintaan :D

S: Ya, saya ingin tahu cara membuat lighting dalam sebuah foto, seperti foto yang Anda buat ini.
L: Saya menggunakan PhotoShop Touch for tablet. Saya memiliki sebuah ASUS Transformer, bermain-mainlah dengan shadow, highlights, lighting dan dark effects.


Photo Credit to Beib



S: Apakah anggota Fotodroids sering bersama melakukan Photo-run atau sendiri-sendiri?
L: Biasanya kami melakukan piXout di akhir pekan. Itu berasal dari kata ‘pixel’ bukan ‘picture.’ Kami mengatur PiXout per kawasan karena Indonesia sangat luas dan terbagi menjadi banyak pulau sehingga sangat sulit menyatukan semua anggota setiap minggu di satu tempat. Kami biasanya membuat acara secara spontan lewat Twitter atau mailing list. Tidak dilarang untuk melakukan photo hunting sendiri, kita bukan diktator yang bisa melarang ini itu hehehe


Photo Credit to Keita


S: Kata Anda ada anggota termuda 9 tahun. Menarik sekali, Anda mendukung anak-anak untuk kreatif. Bagaimana ceritanya anak ini bisa turut dalam komunitas Fotodroids dan bisakah Anda hubungkan kami ke stream-nya?

L: Pada awalnya, Keita (nama anak itu) suka memotret menggunakan ponsel ibunya. Setelah dia punya ponsel sendiri, ibunya kerap mengajak Keita untuk melakukan photo hunting. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang hasil jepretannya, Anda bisa follow akun mereka di streamzo @keita.tobing atau melalui akun ibunya di @beib.

S: Ponsel Android model apa yang paling banyak dipakai oleh Fotodroids? Dan apa kelebihannya?
L: Hmmm, belum bisa menjawabnya untuk saat ini karena kami memiliki banyak sekali model. Untuk mengetahuinya pastinya kami harus melakukan survei terlebih dulu :D

S: Oke, kalau senjata andalan yang Anda pakai?
L: HTC Desire HD.

S: Saya temukan banyak sekali HDR image di Fotodroids. Aplikasi HDR apa yang terbaik untuk Android? Dan tolong jelaskan bagaimana Anda menggunakannya.
L: Saya menggunakan Pro HDR Camera, sebuah aplikasi sederhana untuk point-and-shoot (selanjutnya saya bisa mengambil 3 foto dan menggabungkannya menjadi sebuah HDR photo) tapi lagi-lagi, saya belum mencoba semua aplikasi untuk menciptakan HDR photo, jadi saya tidak yakin kalau aplikasi yang biasa saya pakai itu adalah aplikasi HDR photo terbaik dibanding lainnya.

 
Photo Credit to Ritchie


S: Tolong ceritakan tentang Indonesia. Di mana saja kita bisa membuat foto yang baik?
L: Indonesia adalah negara tropis yang sangat cantik. Kami memiliki banyak sekali pantai, gunung, persawahan, semua bisa menjadi tempat yang sangat baik untuk memotret. Tapi jangan lupakan kehidupan urban di kota-kota di Indonesia. Banyak anggota Fotodroids yang tinggal di Jakarta dan mereka tidak memiliki akses ke kecantikan alam Indonesia tetapi mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan potret kehidupan kota yang tak kalah menarik. Banyak sekali foto-foto #humaninterest dan #streetphotography yang dibuat di kota-kota besar di Indonesia.

S: Apa rencana Fotodroids di masa mendatang?
L: Yep, beberapa di antara kami ingin pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi orang lain, well, tepatnya tempat yang belum pernah didatangi anggota Fotodroids lainnya. Kami ingin pergi ke tempat yang jarang dieksploitasi untuk foto dan (tentu saja) kami akan membuat banyak foto di tempat tersebut. Ya, kami berencana untuk melakukan itu. Untuk saat ini beberapa dari kami telah pesan tiket ke Vietnam untuk melakukan piXout bersama-sama.


S: Saat ini orang-orang mulai tertarik dengan Fotodroids. Bagaimana cara gabung menjadi member Fotodroids?
L: Untuk orang asing bisa kirim email kosong ke fotodroids-int+subscribe@googlegroups.com. Untuk orang Indonesia bisa kirim email kosong ke fotodroids-subscribe@googlegroups.com. Kami juga memiliki website (www.fotodroids.net) dan official Twitter account @fotodroids.



Photo Credit to Lean Nst

Interview setelahnya dilanjutkan untuk membahas dunia fotografi yang digeluti oleh Lean Nasution, juga tentang kesehariannya.

S: Ceritakan tentang pekerjan Anda. Apa yang sebenarnya Anda lakukan di bisnis bijih besi.
L: Well, di sana saya bertugas sebagai pengawas. Tiap hari saya memantau pekerjaan penambangan. Pekerjaan seperti itu dibutuhkan untuk cuaca seperti ini mengingat saat ini sedang musim hujan di Indonesia.

S: Saya juga mendengar keterlibatan Anda dalam NGO.
L: Di sana saya membantu agar orang-orang yang sakit bisa mendapatkan akses untuk pertolongan dokter.

S: Lalu bagaimana Anda membagi waktu untuk edit foto? Apakah Anda melakukannya on-the-go atau di rumah setela piXout?
L: Biasanya saya edit on-the-go, saya gunakan LittlePhoto untuk melakukannya. Tapi seringnya saya kumpulkan dulu foto-fotonya dan mengeditnya saat ada waktu luang.

S: Lebih suka piXout rame-rame atau sendiri saja?
L: Saat ada waktu luang saya suka rame-rame piXout dengan kawan-kawan lain tapi saat saya sedang kerja di tambang, pastinya saya hanya bisa melakukannya sendiri.

S: Untuk macro shots, apakah Anda menggunakan lensa eksternal untuk foto-foto tersebut? Lensa apa yang Anda pakai?
L: Tidak, saya tidak punya lensa macro eksternal. Saya melakukannya dengan native camera dan zoom lalu sedikit edit menggunakan Photoshop Touch :)


S: Siapa inspirasi Anda di dunia fotografi?
L: Ada sebuah foto bertema hitam-putih buatan bibi saya. Foto itu begitu menginspirasi saya dan membangkitkan keinginan untuk memotret.

S: Sekarang bayangkan jika Anda adalah seorang creative designer di sebuah pabrik ponsel dan Anda ditugaskan untuk menciptakan sebuah smartphone terbaru. Ponsel seperti apa yang akan Anda desain?
L: Saya pikir ponsel tersebut harus memiliki kualitas sensor kamera yang baik dengan megapiksel tinggi dan storage yang besar. Yang tak kalah penting, harus ada ketersediaan aksesoris fotografi untuk ponsel itu karena sejauh ini hal tersebut menjadi kekurangan terbesar di Android, jika dibanding iPhone.

S: Adakah tempat di dunia ini yang ingin sekali Anda kunjungi sebagai subyek fotografi?
L: Seattle, markas grunge. Dan Bora Bora! Dua tempat yang sangat bertloka belakang, bukan? :D

S: Apakah semua aplikasi foto ada di ponsel Anda?
L: Beberapa saya simpan di ponsel, ada juga yang di tablet seperti PhotoShop Touch. Saya punya banyak aplikasi foto :D

S: Sekarang Anda bisa bertanya balik pada saya.
L: Menurutmu, akan seperti apa dunia fotografi di masa mendatang? Adakah yang bisa kami bantu?
S: Saya pikir fotografi di masa mendatang akan mendekati sistem Professional DSLR.

Nah, menarik bukan perbincangan situs Wearejuxt dengan Lean? Anda jadi mengerti seluk beluk komunitas Fotodroids dan mobile photography menggunakan Android devices. Bagi Anda yang belum menjadi member Fotodroids, cepat bergabung sekarang juga untuk mendapatkan lebih banyak ilmu tentang fotografi dan tentunya bisa berkawan sebanyak-banyaknya dengan sesama pecinta Android :)

*Disadur ulang dari Wearejuxt